Guyv7L2vSNhTu9NNIC4AGodmAsDGZpqzql8qRx1N
Bookmark

Bagaimana Bertaubat Dari Zina? Baca Ini!

Hai pembaca semua! Apakah Anda mencari artikel yang menjelaskan bagaimana bertaubat dari Zina? Jika jawaban Anda adalah, “Iya”, maka Anda sedang membaca artikel yang tepat. Pada artikel ini saya akan menjelaskan beberapa hal penting tentang bagaimana bertaubat dari Zina. Jadi, Anda harus membaca artikel ini sampai selesai!

Ada dua hal penting tentang bagaimana bertaubat dari Zina yang akan saya jelaskan di sini. Pertama: mengapa bertaubat dari Zina. Kedua: step-step bertaubat dari Zina. Pada pembahasan kedua ada enam poin yang akan saya jelaskan.

Secara spesifik, pembahasan tentang bagaimana bertaubat dari Zina pada artikel ini adalah sebagai berikut:

Mengapa Bertaubat Dari Zina Itu Penting?

Jika ada seorang muslim bertanya kepada Anda, “Mengapa bertaubat dari Zina itu penting?”, maka jawabannya adalah karena Zina adalah salah satu dosa besar menurut Islam. Semua dosa, apalagi itu dosa besar, harus dihapus. Cara menghapusnya adalah bertaubat. Jadi, secara spesifik, dosa akibat Zina harus dihapus dengan bertaubat karena itu akan memberi akibat yang sangat buruk baik orang yang telah melakukannya.

Sebenarnya, pada beberapa artikel tentang Zina yang telah saya tulis dan yang telah saya publikasikan di website ini telah dijelaskan tentang beberapa alasan mengapa Zina termasuk dosa besar. Salah satunya adalah Quran di bawah ini:

وَلا تَقْرَبُوا الزِّنَى إِنَّهُ كَانَ فَاحِشَةً وَسَاءَ سَبِيلاً

Dan janganlah kalian mendekati Zina. Sesungguhnya itu adalah suatu perbutan yang sangat keji dan jalan yang buruk. (Al-Isra 17:32).

Jadi, secara simpel, saya ingin mengatakan lagi, bahwa Zina adalah salah satu dosa besar menurut Islam. Karena itulah bertaubat dari Zina itu penting bagi orang-orang yang pernah melakuannya.

Step-Step Bertaubat Dari Zina

Jika ada seorang muslim bertanya kepada Anda, “Apa step-step bertaubat dari Zina?”, maka jawabannya adalah menyadari bahwa Zina adalah dosa besar, menyesali Zina yang pernah dilakukan, bersumpah tidak akan melakukan Zina, shalat Taubat, membaca Istighfar, dan membaca Salawat. Totalnya adalah enam step.

Satu hal penting tentang step-step bertaubat dari Zina yang ingin saya jelaskan di sini adalah, bahwa mungkin ada beberapa pakar hukum Islam yang mengatakan bahwa ada beberapa step lain yang harus dilakukan untuk bertaubat dari Zina. Tapi, poinnya adalah tidak melakukan Zina lagi dan meminta ampun kepada Allah. Enam step bertaubat dari Zina yang telah saya sebutkan dan yang akan saya jelaskan adalah beberapa tahapan, mulai tahapan yang paling awal sampai tahapan yang paling dianjurkan, agar taubat yang dilakukan diterima oleh Allah.

Adapun penjelasan tentang enam step bertaubat dari Zina adalah sebagai berikut:

Anda Harus Menyadari Bahwa Zina Adalah Dosa Besar

Step pertama untuk bertaubat dari Zina adalah menyadari bahwa Zina adalah dosa besar. Anda harus menyadari itu dengan logika dan hati. Maksudnya adalah bahwa logika Anda dan hati Anda harus menyadari bahwa Zina adalah dosa besar yang sangat tidak boleh dilakukan karena itu akan memberi akibat buruk bagi Anda.

Mungkin sekarang Anda bertanya-tanya, “Mengapa menyadari Zina sebagai dosa besar itu penting?”. Jika Anda bertanya seperti itu, maka jawabannya adalah karena tanpa kesadaran tentang itu, maka Anda akan kesulitan untuk melakukan tahapan-tahapan bertaubat dari Zina yang lain. Bahkan, sangat mungkin Anda akan gagal bertaubat dari Zina.

Anda Harus Menyesali Zina

Step kedua untuk bertaubat dari Zina adalah menyesali Zina. Anda harus melakukan itu dengan penuh kesadaran. Anda harus sangat menyesali itu. Tanpa itu, sangat mungkin Anda akan melakukan Zina lagi.

Mungkin sekarang Anda bertanya-tanya, “Mengapa menyesali Zina itu penting?”. Tentu jawabannya adalah karena penyesalan adalah salah satu faktor penting yang bisa menghalangi seseorang melakukan perbuatan yang sama. Karena itulah menyesali Zina sangat penting dalam rangkaian bertaubat dari Zina.

Anda Harus Bersumpah Tidak Akan Melakukan Zina Lagi

Step ketiga untuk bertaubat dari Zina adalah bersumpah tidak akan melakukan Zina lagi. Sumpah adalah pernyataan yang diucapkan secara sungguh-sungguh dengan bersaksi kepada Tuhan (Allah) atau hal-hal yang dianggap suci. Jadi, jika Anda bersumpah tidak melakan Zina lagi, maka Anda mengucapkan itu secara sungguh-sungguh dengan bersaksi kepada Allah.

Satu hal penting tentang sumpah tidak melakukan Zina yang ingin saya jelaskan di sini, bahwa itu tidak harus dilakukan di depan banyak orang. Jadi, Anda hanya perlu melakukan itu sendirian dengan bersaksi Allah. Orang lain tidak harus mengetahui Anda telah melakukan itu karena itu adalah aib.

Anda Harus Melakukan Shalat Taubat

Step keempat untuk bertaubat dari Zina adalah shalat Taubat. Shalat Taubat adalah salah satu jenis shalat yang dianjurkan. Tujuan utamanya adalah untuk menghapus dosa. Jadi, shalat Taubat adalah salah satu cara terbaik untuk menghapus semua jenis dosa, termasuk dosa akibat Zina.

Pada beberapa artikel sebelumnya saya sudah menjelaskan tentang shalat Taubat dan cara melakukannya. Saya tidak akan menjelaskan itu lagi sekarang. Jika Anda ingin tahu tentang itu, maka silahkan Anda cari itu di website ini.

Anda Harus Sering Membaca Istighfar

Step kelima untuk bertaubat dari Zina adalah membaca Istighfar. Sebagai muslim, tentu kita sudah paham bahwa Istighfar adalah adalah satu doa dan dhikr terbaik untuk menghapus dosa. Redaksi Istighfar adalah redaksi untuk meminta ampun kepada Allah. Karena itulah, saya sangat merekomendasikan membaca Istighfar sebagai salah satu step terbaik untuk bertaubat dari Zina.

Anda Harus Sering Membaca Salawat

Step keenam untuk bertaubat dari Zina adalah membaca Salawat. Memang benar, secara umum, Salawat adalah doa untuk Nabi Muhammad. Tapi, sebagai muslim, kita harus tahu bahwa salah satu keutamaan membaca Salawat adalah untuk menghapus dosa. Karena itulah, saya sangat merekomendasikan membaca Salawat sebagai salah satu step terbaik untuk bertaubat dari Zina. Jadi, Anda harus membaca Salawat sebanyak mungkin, terutama pada hari Jumat.

Mengapa pada hari Jum’at? Perhatikan beberapa hadits tentang keutamaan membaca Salawat pada hari Jum’at di bawah ini:

قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : مَنْ صَلَّى عَلَيَّ يَوْمَ الْجُمُعَةِ أَلْفَ مَرَّةٍ لَمْ يَمُتْ حَتَّى يَرَى مَقْعَدَهُ مِنَ الْجَنَّةِ

Utusan Allah sallallahu alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang membaca Salawat kepadaku pada hari Jumat seribu kali, maka dia tidak akan meninggal dunia sampai dia melihat tempatnya di Surga.”

عَنْ أَبِيْ ذَرٍّ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : مَنْ صَلَّى عَلَيَّ يَوْمَ الْجُمُعَةِ غُفِرَتْ لَهُ ذُنُوْبُ مِائَتَى عَامٍ

Dari Abu Dzarr radliyallahu anhu, dia berkata, “Utusan Allah sallallahu alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang membaca Salawat kepadaku pada hari Jumat, maka semua dosanya yang telah dia lakukan selama dua ratus tahun akan diampuni.”

عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : الصَّلَاةُ عَلَيَّ نُوْرٌ عَلَى الصِّرَاطِ , مَنْ صَلَّى عَلَيَّ يَوْمَ الْجُمُعَةِ ثَمَانِيْنَ مَرَّةٍ غَفَرَ اللهُ لَهُ ذُنُوْبَ ثَمَانِيْنَ سَنَةٍ

Dari Abu Hurairah radliyallahu anhu, dia berkata, “Utusan Allah sallallahu alaihi wa sallam bersabda, “Membaca Salawat kepadaku adalah cahaya di atas Shirath (jembatan menuju Surga). Barangsiapa yang membaca Salawat kepadaku pada hari Jumat delapan puluh kali, maka Allah akan mengampuni semua dosanya yang telah dia lakukan selama delapan puluh tahun.”

Pembaca semua! Itulah penjelasan singkat tentang “Bagaimana Bertaubat dari Zina?”. Apakah kalian paham? Jika kalian ingin bertanya, silahkan bertanya!

Saya kira cukup sekian untuk artikel ini. Semoga bermanfaat! Amin!

Sampai jumpa lagi di artikel berikutnya!

Posting Komentar

Posting Komentar